Selasa, 31 Juli 2012

Melakukan Perubahan

Kata perubahan mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita. Kita sering mendengar banyak orang desa yang pergi ke Kota untuk mengadu nasib dengan harapan terjadi perubahan yang lebih baik.

Namun demikian, Perubahan belum tentu menghasilkan suatu yang lebih baik, tetapi tanpa adanya Perubahan tidak akan ada sebuah Pembaharuan. ya... melakukan perubahan adalah sebuah upaya/ikhtiar manusia dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun dalam hal ini perlu sedikit pencerahan bahwasanya manusia hanya bisa berniat dan berikhtiar, selebihnya Allah-lah yang menentukannya. Mengenai baik/buru, banyak/sedikit, cepat/lama, sekarang/nanti hasil yang akan diperoleh Allah-lah yang menentukan. Maka tugas kita hanyalah meluruskan Niat dan Memaksimalkan Ikhtiar selebihnya serahkan kepada Allah SWT.

Untuk melangkahkan kaki yang pertama memang kebingungan selalu menghadang, biasanya kita tidak mengetahui apa yang harus kita lakukan dalam rangka perubahan ini seakan-akan hal-hal itu hilang... hal itu memang wajar, tetapi jika kita sudah terjun, kita sudah mulai melangkah lebih jauh, menaiki anak tangga lebih tinggi... maka jangan heran begitu banyak titik-titik yang butuh bantuan kita, titik-titik yang membutuhkan perubahan.

Biasanya untuk melakukan suatu perbuatan orang-orang terlalu banyak berfikir, terlalu banyak pertimbangan misal bisnis/usaha, keluarga, harta benda, dsb..., itulah hal yang menghalangi niat kita untuk melakukan lebih banyak lagi untuk dunia, untuk lingkungan kita. untuk itu hilangkanlah beban pada diri kita... seolah-olah kita akan memasuki pintu surga... yang kita bawa hanya diri kita... jadikanlah hal itu sebagai motivasi bukan beban sehingga kita merasa sangat ringan untuk melangkah.

Ingatlah Apa yang kita lakukan untuk diri kita/ hanya bermanfaat untuk diri sendiri itu akan musnah/ mati bersama jasad kita. tetapi apabila perbuatan kita bermanfaat bagi orang banyak insya4JJ akan kekal dan dikenang selamanya.

"Harimau Mati Meninggalkan Belangnya, manusia mati meninggalkan Jasanya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar